Home>>Canopy Kain>>Sejarah Dan Perkembangan Awning Kain
Awning Kain
Canopy Kain

Sejarah Dan Perkembangan Awning Kain

Sejarah Dan Perkembangan Awning Kain

Awning kain secara umum adalah instalasi penunjang perumahan dan komersil. Awning kain perumahan cendrung lebih tradisional serta terkesan konsevatif dalam bentuk dan warna. Namun itu cerita pada awal perkembangan awning, berbeda dengan masa kini dimana perancang lebih peka terhadap warna elegan lalu beralih dari kayu ke framing modern.

Untuk segmen komersil, fungsi lain dari awning kain adalah pesan unik melalui logo dan tulisan, dengan tujuan profit dan prestise.

Sejarah Awning Kain
Sejarah Awning Kain
Sejarah Awning Kain
Sejarah Awning Kain

Sejarah Awal Mula Awning Kain

Sederhana sepertinya kata yang pas untuk awning kanvas di awal abad ke-19, dimana awning dimulai dengan bingkai kayu dengan paku sebagai penguat kemudian sebagian orang memanfaatkan besi pipa air yang mereka bawa dari sisa perangkat pertambangan.

Seiring berkembangnya pemikiran lalu muncul desain framing baru yang dikenal dengan istilah rectratable system. Kemudian perancang industri Amerika hadir pada 1920 dengan konsep motorik untuk mempermudah instalasi sesuai cuaca dan musim.

Meskipun rancangan motorik lahir dari buah fikir Amerika namun kenyataannya Eropa lebih menerima konsep motorik ini. Maka ini menjadi cikal bakal istilah “California Awnings Style”. Seterusnya perancang industri Eropa ambil bagian dalam hal pengembangan dengan merancang konsep yang lebih ringan. Namun dengan tidak mengurangi poin kekuatan dan pilihan jatuh pada penggunaan Alumunium sebagai bahan dasar dan coating sebagai finishingnya.

Selanjutnya Eropa menguasai pasar kala itu termasuk menjadi pemasok untuk Amerika yang pada awal perkembangan awning Amerika menjadi konsep desainer pertama,namun kenyataan sepertinya terbalik.

Pada dekade 70-an Awning sudah jauh bertranformasi menjadi unsur penting untuk bisnis komersil dan home fashion di seluruh dunia,

Seiring waktu pun bermunculan industri sejenis di setiap negara berkembang,beberapa negara di Asia ambil kesempatan jangka panjang ini, Jepang, China , Korea itu sebagian negara yang menyasar prospek baik yang ada pada awning.

Pada akhirnya Awning kain telah menjadi alat pemindai nilai artistik sebuah bangunan di era modern sekarang ini. Bangunan-bangunan banyak yang menggunakan canopy kain sebagai pelengkap desain eksterior.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam